Tuesday, August 30, 2016

BACKPACKER KE BANGKOK, THAILAND

Grand Palace, Thailand
Berbeda dengan blog-blog sebelumnya, kali ini aku ingin mengajak teman-teman berjalan-jalan selama tiga hari ke negara tetangga kita yaitu Thailand. Bersama 3 orang teman baru dan si empunya tour, untuk pertama kalinya aku traveling ke tempat terjauh selama umur hidupku. Sepanjang 3.090 km jauhnya dari Jakarta, dengan bahasa yang sama sekali aku tidak mengerti.
Bukanlah sebuah keputusan sulit bagiku untuk memutuskan ikut trip ini pada saat pertama kali membaca blog www.travelearn.com. Bermodalkan bahasa pemesartu bangsa, yaitu bahasa inggris, rasanya akan aman-aman saja. Yah, awalnya itulah yang aku fikirkan. Namun kenyataan selalu tidak semanis yang kau fikirkan. Ya bukan? :P
Cukup sulit berkomunikasi dengan warga Thailand terutama pada saat menyetop taksi, berbelanja di pasar tradisional dan di mall nya. Tak banyak dari mereka yang bisa berbahasa inggris. Tak jarang pulang kami ditolak supir taksi. Yah?! Sedih yah, sopir taksi aja menolak aku loh, wajar saja sampai sekarang aku masih men-single #eh >.<

Bandara KLIA2 & Stesen Sentral, Malaysia
Perjalanan ke Thailand menggunakan jalur udara dengan transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur. Bandaranya masih cukup sepi, luas, dan mewah. Perjalanan dari KLIA2 ke KLIA1 menggunakan kereta. Keretanya pun sangat bagus dan terawat.
Jarak waktu transit cukup lama hampir 7 jam. Sehingga bersama Kak Teguh dan Teh Yati, kami sempat ke Stesen Sentral untuk sarapan yang dibarengi makan siang. Perjalanan memakan waktu hampir 2-3 jam dengan menggunakan bus antar kota, mirip jika kita ke Bandung dari Jakarta. Tiket bus ber-AC itu seharga 10 RM.
Stesen Sentral merupakan pusat dari semua bus di Malaysia. Kamu bisa menemukan bus jurusan mana pun di sana. Untuk driver, ticketing, serta knek nya didominasi oleh orang India. Berbeda dengan para driver bus di Jakarta, mereka tidak mengizinkan adanya kelebihan penumpang alias tidak boleh ada penumpang yang berdiri. Karena memang perjalanannya sendiri sudah sangat jauh sehingga memang akan melelahkan jika berdiri selama waktu hampir 3 jam. Jadi  bus hanya akan berangkat jika semua kursi sudah penuh tanpa ada yang berdiri.
Di Stesen Senter kami bertiga makan di rumah makan (lagi-lagi) India. Karena memang itu yang paling aman bagi aku dan Teh Yati sebagai muslim. Kami makan nasi briani seharga 12 RM. Porsinya sangat sangat sangat banyak. Nasinya menjulang tinggi dengan ayam pentung yang besar dan telur bulat. Rasanya? Enak! Sesuai dengan lidah orang Indo meski untuk bumbu tidak sekuat masakan kita. Hehehe.
Kiri ke kanan: Penampakan dalam kereta, bus, Stesen Sentral, Bandara KLIA2
Don Meuang International Airport, Bangkok
Pesawat kami mendarat di Bandara Don Mueang 17.30. Sudah semangat turun dari pesawat namun hati langsung mencelos ketika melihat antrian imigrasi. Sangat-sangat tidak tertolong keadaannya. Crowded! Kami selesai antri jam 19.45. Wah pegel nya bukan main berdiri. Betul-betul membuang waktu. Entah mengapa begitu banyak turis yang berkunjung terutama dari China. Entah mereka saat itu sedang libur panjang.
Kak Lisa dan suaminya sudah lebih dulu sampai di Bangkok. Kita berbeda penerbangan karena mereka terbang langsung dari Batam sementara kami dari Jakarta. Maka itu kami baru bertemu di Stasiun Phaya Thai. Jadi, trip ini berjumlah 5 orang yang termasuk tour guide nya Kak Teguh.
Suasana antrian imigrasi di Bandara Don Meuang, Bangkok, Thailand
Bus, Sky Train & Taksi di Thailand
Bus di Thailand banyak yang sudah tua penampakannya. Namun, emisi pembuangannya hampir tidak kelihatan. Sangat bersih karena mereka tidak menggunakan bahan bakar solar seperti kopaja-kopaja di Jakarta. Berjalan kaki lama di Thailand sangatlah nyaman karena udaranya yang masih segar dan polusi dari kendaraan masih sangat sedikit.
Teknologi kereta di Thailand belum secanggih di Singapore dan Malaysia, namun masih jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Indonesia. Untuk membeli kartu masuk kereta kita harus menukarkan sejumlah uang di mesin tiket yang dioperasikan sendiri.
Selain bus dan taksi, taksi merupakan kendaraan umum yang paling diandalkan untuk kemana-mana. Tarifnya tidak terlalu mahal namun yang memusingkan bagi turis kalau bertemu dengan driver yang tidak bisa berhasa Inggris. Driver di sana tak akan tega menolak penumpang. Kami sering sekali ditolak oleh mereka dengan 2 alasan: tidak bisa bahasa inggris dan kami  berjumlah 5 orang.
BTS Skytrain
Malam hari di Khaosan
Kami sampai di hostel di kawasan Khaosan sekitar jam 22.00. Kawasan ini mirip dengan Kuta, Bali. Banyak bule-bule, pub, dan makanan tradisional yang dijual di gerobak dorong. Gemerlap lampu disko, bule-bule yang mabuk sambil berjoget-joget, serta musik-musik barat terdengar keras dan saling mengadu di setiap pub. Malam itu jalanan full dengan para turis hanya sedikit celah tersisa untuk berjalan.
Aku sempat mencoba salah satu makanan khas Thailand yaitu Phad Thai yang mie-nya seperti kwetiau seharga 30 THB/porsi. Untuk rasanya tidak jauh beda dengan yang kita sering makan di tukang nasi goreng tiap malam di Jakarta karena bumbunya yang sama.
Kami makan malam di salah satu rumah makan di ruko-ruko pinggiran Khaosan. Aku mencoba Tom Yam asli Thailand dengan harga 100 THB. Well, lumayan juga rasanya. Meski jujur aku lebih suka tom yam yang dijual di Indo sebab rasanya yang sudah disesuaikan dengan lidah kita.
Khaosan Road, Phad Thai, Tom Yum Thailand
Wisata Grand Palace & Sleeping Buddha Temple
Dari Khaosan kami naik taksi menuju Grand Palace dengan argo sebesar 47 THB. Di Grand Palace inilah kami kembali kaget melihat turis yang membludak, sama dengan di antrian imigrasi. Betul-betul bukan tempat wisata yang nyaman ketika terlalu banyak orang karena jarak dari 1 temple ke temple lain terlalu berdekatan sehingga kami berdesak-desakan untuk bisa mengambil foto. Sepertinya semua pemikiran turis sama, yaitu ke Grand Palace pagi-pagi, alhasil di sana mirip pepes manusia.
Cuaca hari itu cukup aneh, sebentar matahari begitu silau kemdian mendung, bahkan sempat gerimis kecil. Cuaca aneh tersebut membuat pengunjung dibanjiri keringat. Komplek wisata ini cukup luas tempatnya namun tetap tidak seimbang dengan jumlah turis yang berknjung. Kami berjalan-jalan sekitar 2 jam lamanya. Kemudian keluar wilayah Grand Palace untuk berjalan kaki menuju Sleeping Buddha Temple atau Patung Budha Tidur Raksasa.
Grand Palace, Bangkok, Thailand
Patung Budha Tidur merupakan ikon umat Budha sehingga tak heran tempat ini menjadi target utama para turis. Namun, tak hanya di Thailand, Indonesia pun memiliki Patung Budha Tidur yang bertempat di Mojokerto, Jawa Timur. Jadi kalian tidak perlu jauh-jauh ke Thailand kalau ingin berkunjung ke Budha Tidur yah.
Sleeping Buddha Temple

Di hari ke-2 ini aku dan Teh Yati agak kesulitan mendapatkan makanan halal. Makanan yang dijual di pinggiran jalan wilayah Grand Palace mengandung minyak babi. Jadi kalian harus super hati-hati dalam memilah-milah makanan selama di Thailand yah. Bahkan Mc Donald’s, Starbucks, dan beberapa resto internasional yang ada di Bandara Don Meuang saja semua mengandung minyak babi. Makanan yang paling aman bagi aku dan Teh Yati adalah buah. >.<
Jajanan dan makanan pinggir jalan yang non-halal
Pusat Perbelanjaan Chatuchak
Di pasar ini terdapat banyak barang dengan harga murah meriah. Uniknya, antara satu toko dengan toko lainnya tidak memiliki model barang yang sama. Aku hampir tidak menemukan model pakaian di toko yang berbeda-beda. Jadi kita sebagai wanita yang suka membandingkan harga untuk mendapatkan harga termurah tidak bisa melakukannya di pasar ini. Jika kalian suka dengan barang tersebut langsung beli di toko tersebut atau jika kalian melewatinya maka kesempatannya pun akan terlewat. Karena belum tentu kan kalian bisa ingat posisi tokonya karena mengingat pasar ini sangatlah padat. Selain pakaian, di sini juga menjual segala macam oleh-oleh khas Thailand, pakaian adat khas Thailand, pajangan, dll. Aku ingin sekali membelu salah satu pakaian adat khas Thailand namun karena coraknya yang hampir sama dengan Kalimantan mengurungkan niatku. Aku tak bisa membedakan mana yang milik kita dengan yang milik Thailand. T_T Daripada salah beli lebih baik tak usah.
Pasar Chatuchak, Thailand
Cabaret Show Ladyboy
Malam harinya kami menonton Cabaret Show Ladyboy “Banci”. Untuk sampai ke lokasi Cabaret ini kami naik taksi. Awalnya kami semua senang karena driver nya bisa Bahasa Inggris. Namun, di sinilah ternyata kami bertemu dengan driver konyol yang mempermainkan turis. Driver taksi ini sengaja memutar-mutar perjalanan kami padahal dia sudah berbicara lewat telepon dengan petugas Cabaret untuk petunjuk jalan menuju lokasi.
Kami kesal karena driver itu malah menyalahkan kami dengan berkata bahwa kami yang memaksanya untuk mengikuti jalan yang diarahkan Google Maps dari handphone ku. Padahal dengan jelas kamis udah bilang bahwa Google Maps itu tidak betul-betul menunjukkan lokasi Cabaret nya maka dia harus tetap mengikuti instruksi yang diberikan petugas Cabaret lewat telepon. Belum lagi cara membawa mobilnya yang aneh dimana dia memainkan kopling dan rem bersamaan dengan terus lampu sein. Aku yakin betul itu cara curang dia untuk membuat argo kami mahal namun driver tersebut berkilah bahwa itu yang dia dapatkan dari sekolah mengemudi.
Setelah hampir 1 jam diputar-putar oleh driver tak sopan itu ditambah gaya menyetir yang menggangu kami, akhirnya kami sampai juga di Cabaret Show sekitar jam 21.30. Karena kami semua sudah kesal maka kami memutuskan tidak memberi tips untuk dia, ditambah lagi argo taksi sudah mendakati angka 200 THB. Driver itu berulang-ulang mengatakan maaf karena merasa tidak enak melihat wajah kami semua yang kesal.
Sambil membawa belanjaan yang berat kami berlari-lari menuju ruangan theater. Pertunjukan sudah setengah berlangsung. Aku terkagum-kagum dengan ladyboy yang show di panggung. Mereka menari-nari diatas panggung dengan gemulai bak wanita sesungguhnya. Setelah selesai show mereka menunggu para penonton di aula yang menuju pintu keluar. Disitu, mereka “memaksa” para penonton untuk berfoto bersama. Aku pernah mendengar hal ini sebelumnya bahwa ladyboy akan mengajak penonton berfoto bersama lalu kemudian meminta sejumlah uang sebagai gantinya. Padahal kan mereka yang ajak kan? Aku sudah didekati oleh salah satu ladyboy, karena aku takut begitu melihat mereka secara dekat maka aku langsung ngacir menghindari mereka. Sayangnya, Kak Lisa dan suaminya kurang lihai menghindari sehingga menjadi korban foto dengan dua ladyboy. 1000 THB pun melayang. >.<
Cabaret Show, Ladyboy Thailand
Berbarengan dengan kejadian. Teh Yati baru menyadari bahwa kantong plastik belanjaan yang berisi oleh-oleh tidak lagi bersamanya. Kemungkinan terbesar tertinggal di taksi saat menuju Cabaret. Rasanya sudah hopeless ketika kita kehilangan barang di negara orang, tidak banyak yang bisa dilakukan. Teh Yati dengan wajah penuh ikhlas dan senyum kecil berkata, “Ya sudahlah, mungkin emmang aku nggak boleh beli oleh-oleh seperti kata suamiku”. Sementara aku dan Kak Lisa masih belum rela. Kami mah memang begitu orangnya. Huhuhu.

Malam hari di Ratchaprapop
Sebelum masuk ke hostel tempat kami menginap di malam ke-2, kami makan malam terlebih dahulu. Perutku sudah perih karena asam lambung naik dan maagh yang kumat karena telat makan sudah cukup membuatku frustasi saat itu. Syukurlah kami menemukan tempat makan halal. Di sini aku menemukan makan khas Thailand yang wajib kalian coba saat berkunjung ke sini mango sticky rice. Nasi di sini bukanlah nasi menurut kami tapi ketan putih yang rasanya sendiri sudah sangat manis lalu disirami susu putih yang disajikan bersama buah mangga yang sudah dipotong-potong. Well, rasanya endesssss banget. Aku yang memang penggila makanan manis langsung jatuh cinta. Tapi tidak untuk Kak Lisa yang kurang suka manis, sehingga makanannya aku yang habisin. Hehehe. untuk harganya, resto ini menghargai 130 THB. Lebih mahal dari pada yang aku beli di mall keesokan harinya yang hanya 100 THB. Tapi memang untuk rasanya lebih enak yang di resto itu.
Mango Sticky Rice & Fish Ball With Noodle
Pratunam Market
Berbeda dengan Pasar Chatuchak, Pasar Pratunam menjual barang-barang murah dalam pembelian jumlah banyak. Ketika kamu beli 3,6,12 pcs pakaian akan jauh lebih murah ketimbang kamu hanya beli 1 pc. Maka ini sangat cocok untuk reseller. Aku pun menemukan beberapa orang Indonesia yang membeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali di sini. Model-model pakaian di sana sama dengan yang dijual di online shop tapi dengan harga yang 50% lebih murah. Ya tentu saja dijual mahal di Jakarta karena barang tersebut tentu harus dikenai bea cukai jika di impor ke Indonesia.
Pasar Pratunam, Thailand
Oleh-oleh khas Thailand
Kartu pos Thailand = 10THB
Gantungan kunci = 100THB / 6pcs
Magnet kulkas bentuk gajah = 100THB / 3pcs kecil, 40THB / 1pc besar
Kaos = 100 THB / 1 potong
Nestea rasa milk tea = 90 THB / 1 kantong / 13pcs >> Thai Tea yang wajib kalian beli :D
Permen rasa pandan dan mangga = 34 THB / 1 kantong
Manggo dried = 42 THB
Kaca bulat dua sisi = 100 THB / 3pcs
Pajangan gambar alam Thailand terbuat dari kain kanvas ukuran 100cm x 35cm = 100 THB

Kiri atas: Kendaraan Thailand, Tuk-tuk
Kanan ke kiri: Suami Kak Lisa, Kak Lisa, Diana, Teh Yati, Kak Teguh
Daaaaaan itulah ceritaku yang pertama kali melangkahkan kaki ke luar negeri tercinta ini. Pepatah yang berbunyi “rumput tetangga selalu lebih hijau dari pada rumput di halaman rumah sendiri” memang terdengar klasik di telinga kita. Kemajuan teknologi, budaya, bahasa, dll membuat kita selalu ingin tahu lebih jauh tentang negara orang yang kemudian berujung dengan membandingkan dengan apa yang kita miliki di sini. Namun satu hal yang aku selalu percaya bahwa semewah-mewah dan semaju-majunya kita hidup di (tempat) negara orang, tempat ternyaman selalulah rumah sendiri. Bukan begitu? :D

Terima kasih traveler. Keep traveling to explore yourself and God’s creation. See you in the next tracesme!  :D

2 comments:

1. Yeayyy komen pertama.. lengkap cinnn ceritanya..
    tambahan mbak : tu tukang taksi yg nganter ke cabaret show, hampir kena pukul ma suami ku 😁.. plus uang kami habis 1000 bath buat foto ma banci tuh, hikss.. (ampe skrng ga rela klo diinget2) 😭..
    smangat lg nulisnya.. seru2.. 👍

ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe. sudah ku revisi jadi 1000 baht yaa.. makasiih kak lissa. senang bisa ngetrip bareng dan ditunggu trip2 selanjutnya. :*